Didalam tulisan ini saya memberikan cara mudah anda dalam belajar bahasa
pemrograman Turbo Pascal, dan disertai gambar-gambarnya agar anda
paham. Tulisan ini cocok bagi yang baru mau belajar bahasa pemrograman
langsung aja ni pada materinya. Program komputer pada dasarnya adalah
proses merancang dan membuat urutan instruksi untuk menyelesaikan suatu
masalah yang diimplementasikan kedalam komputer. karena yang menjalnkan
intruksi itu adalah komputer maka intruksi harus dinyatakan dalam
bahasa yang “dimengerti” oleh komputer yaitu bahasa mesin (assembly
language) atau dikenal juga dengan bahasa pemrograman tingkat
rendah.
Menerjemahkan instruksi kedalam simbol 0 dan 1 merupakan pekerjaan
yang rumit. itu sebabnya manusia merancang sistem pemberian
intruksi dengan cara yang lebih mudah digunakan, yang dikenal
dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Ada banyak bahasa
pemrograman yang telah dibuat, namun tidak semuanya bertahan dan
digunakan secara luas. Sekurangnya ada dua keuntungan pemberian
intruksi dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi ini. Pertama,
manusia lebih mudah dalam pemberian intruksi karena bahasa ini
relatif dekat dengan bahasa manusia. Yang kedua, sebagai alat
penerjemah intruksi manusia kedalam bahasa mesin.
Ada dua tipe bahasa pemrograman penerjemah ini : interpreter dan
compailer, interpreter adalah mesin penerjemah yang bekerja dengan
menerjemahkan dan mengeksekusi perintahnya satu demi satu. Contohnya
bahasa pemrograman Basic. Compailer adalah mesin penerjemah yang
semua perintahnya diterjemahkan dulu sebelum di eksekusi. Contohnya,
bahasa Pascal, C++, Java, dll.
LANGKAH - LANGKAH MEMBUAT PROGRAM
Agar anda
dapat menghasilkan program dengan tepat, cepat, dan efisien
anda perlu merencanakan langkah – langkah dalam membuat program. Tentu
saja tidak ada keharusan mengerjakan petunjuk dibawah ini, tetapi bagi
pemula langkah-langkah dibawah ini akan sangat membantu bukan saja
menguasai bahasa pemrograman tetapi juga terampil dalam menyelesaikan
persoalan – persoalan yang sukar. Berikut Langkah-langkah dalam membuat
program.
A. PAHAMI MASALAHNYA
Banyak orang yang menyepelekan persoalan ini. Teman-teman saya yang
mengambil mata kuliah pemrograman, banyak teman saya yang begitu
diberi soal langsung saja mengetikannya di komputer sebelum memahami
betul maksud soalnya. Memahami masalah artinya mengerti apa yang hendak
dicari, masukan yang dibutuhkan, keluarannya bagaimana, seperti apa
tampilan yang diinginkan. Ketidak pahaman terhadap masalah cenderung
membuat kita mengetik tanpa arah sehingga kerja menjadi tidak efisien
B. MERANCANG ALGORITMANYA
Layaknya sebuah karangan, algoritma adalah kerangka berpikir kita dalam
membuat program. Untuk program-program sederhana algoritma mungkin tidak
terlalu penting, tetapi untuk perkara kompleks algoritma akan sangat
membantu dan membimbing kita menghasilkan program yang efisien. Bagi
mereka yang hendak mendalami dunia pemrograman, memahami algoritma
merupakan suatu hal yang penting.
C. MENULIS PROGRAM
Bila algoritma telah tersedia, penulisan kode program biasanya
menjadilebih mudah. Untuk bisa menulis program dibutuhkan pengetahuan
terhadap bahasa pemrograman. TIdak seperti algoritma yang fleksibel
dalam penulisan perintah-perintahnya, perintah dalam program
komputerharus ditlis dengan ketelitian 100%, artinya kesalahan sedikit
saja, misalnya kesalahan titik koma sudah cukum membuat program tidak
bisa dijalankan.
D. MENGUJI PROGRAM
Seringkali para pemrogram pemula menyangka bahwa pada setiap kali
program berhasil di eksekusi berarti persoalan selesai. Mereka sering
mengabaikan dan mengecek apakah keluaran yang dihasilkan sudah sesuai
dengan keinginan atau belum. Setiap kaliprogram selesai ditulis,
pemrogram harus memastikan bahwa keluaran yang dihasilkan sudah sesuai
dengan yang seharusnya.
MENGENAL TURBO PASCAL FOR WINDOWS
Pascal adalah
bahasa tingkat tinggi yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan umum.
Bahasa ini diciptakan oleh prof. Niclaus Wirth dari Technical
University Zurich, Swiss. Namun Pascal sendiri diambil dari nama
matematikawan dan filsuf tekenal abad ke-17 dari Prancis, Blaise Pascal.
Prof Niclaus menggunakan bahasa ini pertama kalinya pada komputer CDC
6000 (Control Data Corporation) pada tahun 1971.
STRUKTUR PEMROGRAMAN PASCAL
- NAMA PROGRAM
Penulisan nama program bersifat opsional artinya boleh ditulis, boleh juga tidak. Format penulisan : Program NamaProgram;
- DEKLARASI
Merupakan bagian untuk mendefinisikan pengenal yang akan digunakan didalam program. Pengenal ini dapat berupa unit, variabel konstanta, procedure, fungsi, array, record, pointer, label.
- BADAN PROGRAM
Merupakan bagian untuk menulis langkah-langkah pemecahan masalah. Setiap penulisan perintah selalu dimulai dengan kata begin dan diakhiri dengan kata end. (diakhiri dengan titik). Berikut ini adalah bentuk umum struktur penulisan program dalamTurbo Pascal Program NamaProgram; Deklarasi (variabel, konstanta, fungsi, prosedur, dll)Begin Perintah1 Perintah2 ……..dst End.
Contoh Program Sederhana
Ketikkan program seperti dibawah ini.
Kemudian lakukan proses kompilasi dengan mengklik menu compile=>compile atau tekan alt+F-9 jika kompilasi sukses, kelik menu Run=>Run atau ctrl+F-9. Jika yang muncul adalah pesan kesalahan (tercetak dibagian bawah jendela), cek lagi program tersebut, lalu ulangi proses diatas. Ingat kesalahan kecil saja, misalnya terlupa titik atau kesalahaan ejaan, sudah cukup membuat program tidak jalan. Jika yang ditulis benar semua maka akan muncul tampilan sebagai berikut.
Masukan bilangan ke-1, misalnya saya masukan bilangan 5 terus enter, dan masukan lagi bilangan ke-2 terus enter, maka tampilannya akan seperti dibawah ini.